Image     Buku Tamu   Humor    Buku Tamu   Site Map

23 Des 2009

Collection

Collection atau sering juga disebut sebagai container adalah sebuah object sederhana yang menampung lebih dari satu elemen di dalam satu kesatuan.

Collection digunakan untuk menyimpan,mengambil dan memanipulasi data, juga mentransmisikan data dari satu method ke method lain. Collection khusus merepresentasikan data item dari bentuk yang sebenarnya seperti Poker (kumpulan dari kartu), direktori (kumpulan dari file atau folder), kotak surat (kumpulan dari surat-surat), dll.

SDK tidak menyediakan implementasi built-in yang lain dari interface ini tetapi mengarahkan subinterfaces, Set interfaces dan List interfaces diperbolehkan. Sekarang, apa perbedaan dari kedua interface tersebut. Set merupakan collection yang tidak dipesan dan tidak ada penggandaan didalamnya. Sementara itu, list merupakan collection yang dipesan dari
elemen-elemen dimana juga diperbolehkannya penggandaan. HashSet, LinkedHashSet dan TreeSet adalah implementasi class dari Set interfaces.
ArrayList, LinkedList dan Vector merupakan implementasi class dari List interfaces.

Vektor
Vektor adalah implementsi dari dinamis array, yang hampir sama dengan ArrayList perbedaanya adalah vector mempunyai method yang bukan turunan dari collection framework. Pada Java 2 vektor diperluas lagi dengan mengextends AbstractList dan mengimplementasikan List interface yang sangat mendukung collection. Dibawah ini adalah konstruktor dari Vector.
Vector();
Vector(int size);
Vector(int size,int incr);

Konstruktor pertama adalah konstruktor default yang menginialisasikan ukuran sebanyak 10 elemen. Konstruktor kedua yaitu menentukan jumlah elemen yang akan digunakan. Konstruktor yang ketiga yaitu menentukan ukuran awal dan apabila ukurannya full maka akan ditambah lagi sebanyak incr. Dibawah ini beberapa method yang disediakan oleh class Vector.
Method Keterangan


addElement() Digunakan untuk menambahkan data object ke dalam Vektor.

elementAt()
Method ini berfungsi untuk mengambil elemen
berdasarkan nomor index yang dimasukan.

lastElement()
Berfungsi untuk mengambil nilai berupa object yang paling terakhir di tambahkan dari sebuah object vektor.

firstElement()
Berfungsi untuk mengambil nilai berupa object pertama yang di tambahkan dari sebuah object vektor.

clear()
Digunakan untuk menghapus seluruh elemen yang tersimpan dalam object vector.

isEmpty()
Memeriksa apakah verktor yang digunakan berisi elemen atau tidak. Jika ada data maka akan mengembalikan nilai boolean berupa false.

ArrayList
ArrayList hampir mirip seperti vektor. Pada JDK 1.1 ArrayList 3-4 kali lebih cepat dari pada Vektor, sedangkan pada JDK 1.1.4 ArrayList 40 kali lebih cepat daripada vektor. Pembuatan Object ArrayList dapat dilihat seperti dibawah ini.
ArrayList al=new ArrayList();
Tidak seperti array dimana untuk mengambil ukuran menggunakan .length, ArrayList menggunakan al.size(). Dibawah ini adalah beberapa method-method yang dapat digunakan pada ArrayList.










Method
Keterangan
add()
Digunakan untuk menambahkan data object ke dalam ArrayList.
add()
Method ini menyediakan dua parameter untuk menambahkan sebuah object dengan menentukan nomor index elemennya.
get()
Method get adalah method yang disediakan oleh ArrayList untuk mengambil sebuah object
berdasarkan nomor indexnya.
remove()
Mothod ini berfungsi untuk menghapus elemen ArrayList berdasarkan nomor indexnya.
isEmpty()
Digunakan untuk memeriksa apakah object ArayList yang dibuat kosong atau tidak.
clear()
Menghapus semua elemen yang ada di dalam object ArrayList

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar :