Image     Buku Tamu   Humor    Buku Tamu   Site Map

25 Mei 2011

Elemen Multimedia

Ada 5 elemen multimedia yang dijelaskan Hofstetter (2001, p16)  pada bukunya Multimedia Literacy, yaitu :
1.  Teks
Walaupun tidak mustahil untuk menciptakan sebuah multimedia tanpa  teks, tetapi kebanyakan sistem  multimedia menggunakan teks karena teks adalah cara efektif untuk mengkomunikasikan ide-ide dan  menyediakan instruksi bagi user. Adapun teks digolongkan menjadi :
a.  Printed text
Teks biasa yang muncul dikertas biasanya digunakan untuk  dokumentasi dari multimedia. Agar multimedia dapat membaca printed text, maka harus dirubah dulu menjadi teks komputer dengan mengetik dengan aplikasi Word Processor atau meng-scan teks tersebut.  
b.  Scanned text
Sebuah scanner merubah printed text menjadi sebuah bentuk yang  bisa dibaca mesin dan merubahnya kembali menjadi scanned text. Penggunaan scanner biasanya dilakukan untuk menghemat waktu  dan tenaga dibanding mengetik langsung ke dalam komputer.
c.  Electronic text
Electronic text adalah bentuk yang dapat dibaca oleh mesin, yang  biasa diinput menggunakan aplikasi Word Processor.  Electronic
text sekarang digunakan secara luas baik untuk pembuatan buku,  majalah, dan koran.
d.  Hypertext
Hypertext adalah salah satu komponen dari multimedia yang  membuat multimedia menjadi interaktif. Kata hypertext pertama kali dikemukakan oleh Ted Nelson (1965) yang mengandung arti  teks yang berhubungan. Jika sebuah hypertext diklik maka aplikasi
akan menampilkan informasi. Maka dari itu, sebuah hypertext  menjadi bagian dari multimedia karena hypertext dapat menjadi objek yang berupa hubungan ke objek lain.
2.  Grafik
Multimedia dapat merubah gambar menjadi objek atau link. Terkadang  grafik juga muncul sebagai latar belakang dari teks. Selain itu gambar
juga bisa berupa icon yang digabung dengan teks, menampilkan  pilihan, atau gambar bisa ditampilkan secara full-screen sebagai ganti
dari teks, dengan bagian dari gambar sebagai objek atau link untuk  menampilkan event-event atau objek-objek lain. Ada beberapa bentuk
dari grafik yaitu :
a.  Bitmap
Bitmap adalah gambar yang disimpan sebagai sebuah set dari pixel- pixel yang berhubungan dengan layar komputer. Untuk
menampilkan gambar, komputer menempatkan setiap titik pada  layar dan warna sesuai pada bitmap.
b.  Vector images
Vector images disimpan sebagai sebuah set dari operasi  matematika atau algoritma yang mendefinisikan kurva, garis, dan
bentuk dalam sebuah gambar. Untuk gambar yang tidak memiliki  banyak perubahan warna, vector images lebih efektif dibandingkan
bitmap.  Vector images memiliki dua kelebihan dibandingkan  bitmap. Pertama vector image bisa diperkecil atau diperbesar lebih
sempurna tanpa mengurangi kualitas gambar. Kedua, karena vector  images memiliki ukuran file yang lebih kecil, maka lebih mudah didownload menggunakan internet.
c.  Clip art
Untuk menghemat waktu dalam pembuatan aplikasi multimedia,  kita dapat menggunakan sebuah library yang berisi clip art. Ada beberapa kategori dari clip art termasuk foto, icon, animasi, latar  belakang, dan button.
d.  Digitized pictures
Digitized picture adalah gambar yang didapatkan dari sebuah frame  dari rekaman kamera, VCR, VCD atau live video lain yang di-capture dan dapat digunakan pada aplikasi multimedia.
e.  Hyperpictures 
Hyperpictures adalah sebuah gambar dimana bagian-bagiannya  dapat digunakan sebagai objek sebagai pemicu objek lain atau event-event pada aplikasi multimedia.
3.  Suara
Ada 4 tipe dari suara yang dapat dipakai pada aplikasi multimedia  yaitu : 
a.  Waveform audio
Waveform audio didapat dari hasil perekaman dari apa yang kita  dengar. Setiap suara memiliki waveform yang menggambarkan frekuensi, amplitudo, dan harmoni. Aplikasi waveform  audio  digitizers menangkap suara dengan mengambil contoh waveform ribuan kali perdetik dan menyimpannya ke dalam harddisk berupa  file ber-extension wav (.wav).
b.  MIDI
MIDI adalah singkatan dari Musical Instrument Digital  Interface  yang menyediakan sebuah cara yang efisien untuk merekam musik.
MIDI tidak merekam waveform dari suara yang mana  membutuhkan ruang harddisk yang besar, tetapi merekam performance information yang dibutuhkan oleh komputer untuk  memainkan musik. File MIDI disimpan pada harddisk dengan ekstension mid (.mid).  
c.  Audio CD
Audio CD dapat menampung sampai 75 menit suara berkualitas  tinggi. Rata-rata samplingnya bisa mencapai 44.100 sampel perdetik yang cukup cepat untuk merekam semua suara yang  terdengar oleh manusia. Suara yang direkam bisa berupa bisikan lembut sampai teriakan keras. Addressing yang digunakan CD- ROM mendukung komputer multimedia untuk mengakses secara acak sebuah lagu dari CD dengan akurasi sampai 1/75 detik. 
d.  MP3
MP3 singkatan dari MPEG Audio Layer 3. MP3 adalah format file  audio yang menggunakan codec audio MPEG untuk mengkompres dan mendekompres suara yang direkam. MP3 dapat mengkompres  sebuah track CD menjadi file yang lebih kecil dan membutuhkan bandwidth yang lebih kecil jika ditransfer melalui internet tanpa  perlu mengkhawatirkan kualitas hasilnya.
4.  Video
Video menyediakan sumber daya yang besar bagi aplikasi multimedia.  Ada beberapa macam video yang dapat digunakan sebagai objek dalam aplikasi multimedia yaitu : 
a.  Live Video Feeds
Live video feeds menyediakan objek multimedia yang real-time.  Live video feeds bisa didapat dari siaran televisi atau dari satelit secara langsung.
b.  Videotape
Videotape bisa menjadi objek multimedia tetapi dibatasi oleh dua  faktor. Pertama, informasi yang disimpan di dalam videotape bersifat linear dan jika ingin mengakses informasi yang kita  inginkan, kita harus mempercepat atau mengulang kembali rekaman yang kita tonton sehingga jelas membuang waktu. Kedua,  videotape tidak bisa dikontrol komputer, sehingga kita harus
menekan tombol-tombol video sendiri pada saat presentasi  multimedia.
c.  Video Disc 
Ada dua format video disc yaitu CLV dan CAV. CAV disc dapat  menyimpan sampai 54.000 frame atau sekitar 30 menit video dan suara stereo. CAV juga bisa menampilkan frame diam. CLV disc  bisa menyimpan sampai satu jam video pada tiap sisinya. Yang berarti dua kali lipat CAV disc. Tetapi CLV disc membutuhkan  player yang lebih mahal dibanding CAV. Video disc sangat populer pada abad 20, tetapi sekarang keberadaannya tergeser oleh  digital video dan DVD.
d.  Digital Video 
Digital video adalah media paling menjanjikan dan sebuah media  storage yang baik. Sama seperti waveform audio,  digital video dapat disimpan pada harddisk, CD-ROM, atau DVD. Karena video  tersebut  digital, maka bisa digunakan dalam jaringan tanpa perlu video tapes atau videodisc player. Digital video juga dapat diakses  secara acak untuk memilih klip mana yang hendak kita putar.
5.  Animasi
Animasi adalah penggunaan komputer untuk menciptakan pergerakan  di layar. Ada empat macam animasi, yaitu :
a.  Frame Animation
Frame animation membuat pergerakan objek dengan menampilkan  gambar-gambar (frame) secara berurutan dan tampil pada lokasi berbeda di layar.
b.  Vector Animation
Vector animation membuat pergerakan objek dengan merubah  permulaan, arah dan ukuran dari objek dan disesuaikan dengan segmen objek. 
c.  Computational Animation
Pada  computational animation, untuk membuat objek bergerak  adalah dengan merubah koordinat x dan y pada layar.
d.  Morphing
Morphing berarti transisi dari satu bentuk ke bentuk lain dengan  menampilkan serial frame dan menciptakan gerakan halus antara perpindahan satu bentuk ke bentuk lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar :