Image     Buku Tamu   Humor    Buku Tamu   Site Map

18 Feb 2010

Stream Chipper

Stream cipher merupakan suatu sistem dimana proses enkripsi dan dekripsinya dilakukan dengan cara bit per bit. Pada sistem ini aliran bit kuncinya dihasilkan oleh suatu pembangkit bit acak. Aliran kunci ini dikenakan operasi XOR dengan aliran bit - bit dari plaintext untuk menghasilkan aliran bit - bit ciphertext. Pada proses dekripsi alliran bit ciphertext dikenakan operasi XOR dengan aliran bit kunci yang identik untuk menghasilkan plaintext.
Keamanan dari sistem ini tergantung dari pembangkit kunci, jika pembangkit kunci menghasilkan aliran bit - bit 0 maka ciphertext yang dihasilkan akan sama dengan plaintext, sehingga seluruh operasi akan menjadi tidak berguna oleh karena itu diperlukan sebuah pembangkit kunci yang dapat menghasilkan aliran bit - bit kunci yang acak dan tidak berulang. Semakin acak aliran kunci yang dihasilkan oleh pembangkit kunci, maka ciphertext akan semakin sulit dipecahkan (kristianti, 2003).
Berdasarkan dari cara kerja penyandian tersebut, stream cipher dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu :
Kunci Pribadi
Suatu enkripsi dapat dilakukan apabila pihak pengirim dan pihak penerima telah sepakat untuk menggunakan metode enkripsi atau kunci enkripsi tertentu, cara enkripsi ini dikenal dengan istilah enkripsi dengan kunci pribadi, karena cara enkripsi atau kunci yang hanya boleh diketahui oleh dua pribadi yang berkomunikasi tersebut.
Cara enkripsi yang umum digunakan oleh pemerintah dan kalangan bisnis ini dikategorikan sebagai kriptografi simetris,ini dikarenakan kedua belah pihak mengetahui kunci yang sama.
Kelemahan dari enkripsi ini ialah bagaimana cara pihak pengirim memberi tahu pihak penerima mengenai kunci yang akan dipakai sebelum komunikasi yang aman dilakukan. Padahal kunci ini harus dijaga agar tidak ada pihak luar yang tahu. Selalin masalah komunikasi, enkripsi ini akan mengalami kesulitan apabila terdapat banyak orang yang ingin saling berkomunikasi. Karena setiap pasangan harus sepakat dengan kunci pribadi tertentu. Jadi bila ingin berkomunikasi dengan banyak orang, maka setiap orang harus menghafal banyak kunci dan harus menggunakannya dengan tepat. Sebab, jika tidak, maka si penerima tidak bisa mengartikannya. Sehingga, secara total akan terdapat n*(n-1)/2 buah kunci yang beredar.
Ada beberapa model enkripsi yang termasuk golongan ini, diantaranya ialah: Simple Subtitution Cipher, DES, Triple DES, Rivest Code 2 (RC2) dan Rivest Code 4 (RC4), IDEA, Skipjack, Caesar Cipher, Gost Block Cipher, Letter Map, Transposition Cipher, Blowfish, Vigenere, dan Enigma Cipher.
Kunci Publik
Dalam enkripsi dengan kunci public ini, sebagian dari kunci perlu diketahui oleh umum sebelum proses komunikasi dengan cara ini dapat berlangsung. Kelebihan dari enkripsi ini ialah tiap orang hanya perlu memiliki satu set kunci, tanpa peduli berapa banyak orang yang diajak untuk berkomunikasi.
Setiap orang yang menggunakan enkripsi harus mempunyai dua buah kunci. Satu kunci disebut kunci rahasia yang hanya boleh diketahui oleh dirinya sendiri dan yang lain disebut kunci public yang disebarkan ke orang lain.
Bila A ingin mengirim informasi ke B, maka informasi tersebut akan dienkripsi dengan kunci publik milik B. Informasi ini hanya dapat dibaca dengan menggunakan kunci rahasia milik B. Walaupun informasi ini dienkripsi dengan kunci publik B, pesan ini tidak dapat dibaca dengan kunci publik milik B. Jadi, B wajib untuk menjaga kunci rahasianya sendiri. Bila C ingin mengirim informasi pada B, sama seperti A, C akan mengenkripsi informasi tersebut dengan kunci publik B.
Block Chipper
Sistem block cipher mengkodekan data dengan cara membagi plaintext menjadi per blok dengan ukuran yang sama dan tetap. Kemudian setiap bloknya dienkripsi atau didekripsi sekaligus. Cara ini bekerja lebih cepat karena plaintext dibagi atas beberapa blok. Biasanya proses enkripsi dan dekripsi dilakukan dalam ukuran blok tertentu. Transposisi merupakan contoh dari penggunaan block cipher. Pada transposisi kolumnar dengan menggunakan matriks, pesan diterjemahkan sebagai satu blok. Ukuran blok yang dibutuhkan tidak memiliki kesamaan dengan ukuran sebuah karakter. Block cipher bekerja pada blok plaintext dan menghasilkan blok - blok ciphertext.

* Bruce Schneier John Wiley & Sons, 1996. ISBN 0-471-11709-9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar :