Image     Buku Tamu   Humor    Buku Tamu   Site Map

11 Feb 2010

Fungsi Algoritma Kriptografi

berbagai algoritma kriptografi mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Di antara kakteristik-karakteristik itu paling mendasar yang akan digunakan pada sistem jaringan, jaringan komputer maupun internet. Komponen-komponen yang sangat penting adalah secrecy, integrity, dan authenticity.

1. Secrecy
Komponen yang digunakan untuk menjaga pesan yang biasanya digunakan oleh seseorang yang mengirim pesan. Komponen ini hanya mengizinkan seseorang yang tahu akan kunci pada pesan yang telah dienkripsi dengan algoritma kriptografi.

2. Integrity
Komponen yang digunakan untuk memeriksa apakah sebuah pesan telah diubah pada saat pengiriman, biasanya menggunakan algoritma hash

3. Authenticty
Komponen untuk membuktikan asli atau tidaknya dokumen atau pesan yang dipakai sekelompok orang dalam bertransaksi


Tipe dan Karakteristik Algoritma Kriptografi
Karakteristik kunci yang menggunakan algoritma kriptografi dapat digolongkan sebagai berikut: algoritma kriptografi kunci rahasia (simetris), algoritma kriptografi kunci publik (asimetris) dan algoritma hash.




  • Algoritma Kriptografi Kunci Rahasia
Dalam algoritma kriptografi kunci rahasia, kunci digunakan untuk enkripsi data dan tidak diberi kuasa kepada publik melainkan hanya kepada orang tertentu yang tahu dan dapat membaca data yang dienkripsi. Karakterisitik algoritma kriptografi kunci rahasia adalah bahwa kunci enkripsi sama dengan kunci dekripsi. Algoritma kriptografi kunci rahasia juga disebut algoritma kriptografi kunci simetris. Untuk menggunakan algoritma kriptografi kunci rahasia dalam lingkungan komunikasi, kedua belah pihak yang berkomunikasi satu dengan yang lainnya harus membagi kunci enkripsi sebelumnya

  • Algoritma Kriptografi Kunci Publik
Algoritma publik-key juga disebut algoritma asimetris yang dirancang sehingga key yang digunakan untuk enkripsi berbeda dengan key yang digunakan untuk dekripsi. Selanjutnya key dekripsi tidak dapat dihitung dengan dari key enkripsi. Algoritma tersebut disebut public-key karena key enkripsi dapat dibuat secara public. Orang asing dapat menggunakan key enkripsi tersebut untuk mengenkripsi sebuah pesan, tetapi hanya orang tertentu dengan key dekripsi sepadan dapat mendekripsi pesan tersebut. Dalam sistem ini key enkripsi sering disebut public key sedangkan key dekripsi sering disebut private key.

  • Algoritma Hash
Fungsi hash mengurangi data dari ukuran yang berubah-ubah menjadi ukuran yang khusus. Fungsi hash dibutuhkan dalam bagian konfigurasi sistem untuk memudahkan pengecekan terhadap kelebihan data. Seluruh data dapat diperiksa untuk melihat apakah data yang berkapasitas besar dapat diulang, sebab hal ini akan mendatangkan kerugian besar dalam kecepatan dan waktu.

Fungsi hash digunakan dalam kriptografi, yaitu dalam hal membagi atribut yang mirip, terutama dalam hal tanda tangan digital. Biasanya sering dikombinasikan dengan fungsi kriptografi yang punya integritas, seperti dalam hal kombinasi antara algoritma tanda tangan digital dan fungsi hash atau fungsi hash dengan algoritma kriptografi kunci rahasia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar :