Image     Buku Tamu   Humor    Buku Tamu   Site Map

25 Okt 2011

Lelahnya dengan PDU format

Beberapa hari yang lalu masih nostalgia lagi dan berkutat dengan AT Command punyaknya MSCOM32.OCX, habis gimana lagi mau update pake dot net waktu belum mencukupi. yaahh apa daya. 
Saat mendevelop program dengan koneksi modem terdapat beberapa kendala, yaitu tida terlaksananya pengiriman sms balik. 

Saya juga masih heran, waktu menggunakan handphone seri siemens C45i koneksi menggunakan terminal (AT Command koneksi dari MSCOM32.OCX program itu mau berjalan dengan baik, kini karena handphone seperti itu atau sejenisnya tidak di produksi lagi , mau nggak mau mesti berganti, pilihan jatuh pada modem buatan sierra, dengan AT&T-nya, karena dukungan SMS-nya yang dapat berjalan dengan koneksi MSCOM32.ocx, selama proses itu pembacaan sms lancar saja.yaitu menggunakan format PDU.

Selama pengubahan dari basis 7 bit ke delapan bit kemudian ke ascii berjalan dengan normal, baik karakter pdu, sms center, nomor tujuan, tanggal dan jam , serta isi sms normal-normal saja.

Namun saat proses pengiriman sms terjadi kegagalan, kalaulah error dibagian belakang sih agak tidak mengalami kesulitan. lha ini error masih berjalan di depan. kok sudah error. doh, kenapa ya ?
error itu menghasilkan angka error 403., alias invalid PDU format. (ada di webnya SMSLIB hadew. beberapa kali mencoba dan terus mencoba.

Beberapa hari masih berkutat dengan browsing, dimana-mana solusi belum ketemu. sambil terus mencoba. Di hari kemaren akhirnya secara sadar bahwa letak kesalahan pada fotmat PDU, ya sudahlah fokus saja ada format PDU. lihat pada esato.com. juga pada nable. ok lah lanjut ke langkah langkah lain .

Pokoknya coba dan coba lagi. Ahhhh,, akhirnya  ketemu juga solusi dari permasalahan itu , error 304 invalid pdu format, dapat diselesaikan dengan mengubah format pdunya saja . alias tinggal menambahkan satu baris .
yaitu AT+CMGF=1. dan blaaa, berhasil.

nah cuma kendalanya, harus mengubah semua format. alias itu diganti format pdu menjadi format biasa saja, tanpa harus menggunakan pdu. jadinya gak usah terlalu  mikir berat lagi. tinggalkan saja format pdu berganti dengan format sms biasa, karena modem itu masih support dengan format sms biasa.
kini langkah berikutnya adalah mengubah format ke format sms biasa. sudah jam 3.22 menit. waktunya istirahat dulu, buat besok pagi di lanjut lagi.


ahhh..  ternyata kalau belum ketemu ya susah,  namun kalau sudah ketemu heemm legaaa..
referensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/Motorola_phone_AT_commands
http://www.codeguru.com/forum/showthread.php?t=424929
http://archive.devx.com/wireless/articles/SMS/SMSap112100.asp
http://www.smssolutions.net/tutorials/gsm/sendsmsat/
http://www.daniweb.com/software-development/vbnet/threads/289397
http://www.piaccess.com/trac/wiki/Developer/ATCommandSet#ATCMGSSendMessage
http://forums.devx.com/showthread.php?t=157997

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar :