Image     Buku Tamu   Humor    Buku Tamu   Site Map

10 Jan 2010

Multi-Layer Perceptron

Multi-Layer Perceptron adalah jaringan syaraf tiruan feed-forward yang terdiri dari sejumlah neuron yang dihubungkan oleh bobot-bobot penghubung.

Neuron-neuron tersebut disusun dalam lapisan-lapisan yang terdiri dari satu lapisan input (input layer), satu atau lebih lapisan tersembunyi (hidden layer), dan satu lapisan output (output layer). Lapisan input menerima sinyal dari luar, kemudian melewatkannya ke lapisan tersembunyi pertama, yang akan diteruskan sehingga akhirnya mencapai lapisan output [Riedmiller, 1994].

Setiap neuron i di dalam jaringan adalah sebuah unit pemrosesan sederhana yang menghitung nilai aktivasinya yaitu si terhadap input eksitasi yang juga disebut net input neti.






dimana pred(i) melambangkan himpunan predesesor dari unit i, wij melambangkan bobot koneksi dari unit j ke unit i, dan q i adalah nilai bias dari unit i. Untuk membuat representasi menjadi lebih mudah, seringkali bias digantikan dengan suatu bobot yang terhubung dengan unit bernilai 1. Dengan demikian bias dapat diperlakukan secara sama dengan bobot koneksi.





Aktivasi dari unit i, yaitu si , dihitung dengan memasukkan net input ke dalam sebuah fungsi aktivasi non-linear. Biasanya digunakan fungsi logistik sigmoid:


Salah satu keuntungan dari fungsi ini adalah memiliki derivatif yang mudah dihitung:






Nilai dari fungsi sigmoid di atas memiliki nilai output antara 0 dan 1. Jika diinginkan nilai output antara –1 dan 1, dapat digunakan fungsi bipolar sigmoid berikut [Fausett, 1994]:






Derivatif dari fungsi tersebut adalah:






* Riedmiller, M., 1994, “Advanced Supervised Learning in Multi-Layer Perceptrons – From Backpropagation to Adaptive Learning Algorithms” , Int. Journal of Computer Standards and Interfaces (16) 1994.

1 komentar:

Tinggalkan Komentar :