Image     Buku Tamu   Humor    Buku Tamu   Site Map

18 Feb 2010

Kompleksitas Algoritma

Algoritma adalah salah satu konsep matematis dan analisis untuk membantu seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah atau persoalan.
Algoritma adalah urutan langkah yang tepat dan pasti dalam memecahkan suatu masalah secara logis. Beberapa masalah dapat diselesaikan dengan algoritma bermacam - macam asal hasilnya sama. Algoritma dapat dianalisis efisiensi dan kompleksitasnya.
Efisiensi di dalam algoritma sangat dipertimbangkan karena suatu masalah dapat diselesaikan dengan berbagai macam cara yang dalam hal ini disebut sebagai algoritma(langkah penyelesaian masalah). Algoritma yang bagus adalah algoritma yang efisien dimana algoritma tersebut dikatakan bagus karena dinilai dari aspek kebutuhan waktu dan ruang membutuhkan jumlah yang sedikit.
Kemangkusan algoritma dapat diukur dari orde yang terdapat di dalam persamaan kompleksitas waktu. Kompleksitas waktu diukur dari jumlah tahapan komputasi di yang dibutuhkan dalam menjalankan algoritma dimana kompleksitas waktu tersebut merupakan fungsi dari jumlah masukan n.

Hal-hal yang mempengaruhi kompleksitas waktu :
  1. Jumlah masukan data untuk suatu algoritma(n).
  2. Waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan algoritma tersebut
  3. Ruang memori yang dibutuhkan untuk menjalankan algoritma yang berkaitan dengan strutur data dari program.
Kompleksitas mempengaruhi performa atau kinerja dari suatu algoritma. Kompleksitas dibagi menjadi 3 jenis, yaitu worst case, best case, dan average case. Masing-masing jenis kompleksitas ini menunjukkan kecepatan atau waktu yang dibutuhkan algoritma untuk mengeksekusi sejumlah kode.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar :