25 Mei 2011

Aplikasi Piranti Lunak

 Piranti lunak biasa diimplementasikan berdasarkan determinasi dan isi dari informasi. Adapun pembagian aplikasi piranti lunak adalah sebagai berikut  :
1.    System Software
System software adalah kumpulan program yang dibuat untuk melayani program lain. Beberapa system software memproses struktur informasi yang kompleks, tetapi telah ditentukan. Sedangkan sistem aplikasi lain memproses data besar yang tidak ditentukan. Pada kasus lain area system  software dikarakteristikkan oleh interaksi dengan hardware komputer penggunaan oleh multiple  user operasi yang bersamaan, membutuhkan penjadwalan dan pembagian sumber daya proses manajemen proses yang rumit struktur data yang kompleks dan multiple interface eksternal.
2.    Real-time Software
Software yang memonitor, menganalisa, mengontrol real world events disebut dengan real time. Elemen dari real time software berupa sebuah komponen pengumpulan data yang mengumpulkan dan memformat informasi dari lingkungan luar, sebuah komponen analisis yang merubah informasi seperti apa yang dibutuhkan aplikasi, sebuah komponen kontrol atau output yang merespon lingkungan luar, sebuah komponen pengamatan yang mengkoordinasi semua komponen sehingga real time respon bisa diatur.

3.    Business Software
Proses informasi bisnis adalah area terbesar dari sebuah area aplikasi software. Sistem bisnis telah berubah menjadi sebuah software manajemen sistem informasi yang bisa mengakses lebih dari satu database besar yang mengandung informasi bisnis.
4.    Engineering and Scientific Software
Engineering and Scientific Software dikarakteristikan oleh algoritma-algoritma yang banyak memproses angka. Penggunaan aplikasi dari Engineering and Scientific Software sangat luas tetapi aplikasi dengan area Engineering and Scientific mulai bergeser dari algoritma numeric ke real time simulation.
5.    Embedded Software
Software yang diletakan pada sebuah produk sehingga produk tersebut menjadi lebih pintar. Embedded software terdapat pada sebuah read-only memory dan digunakan untuk mengontrol produk bagi konsumen dan pasar industri.
6.    Personal Computer Software
Dapat berupa word processing, grafik komputer, multimedia, entertainment, manajemen database, akses database dan masih banyak lainnya.
7.    Web-based Software
Halaman  web yang ditampilkan browser adalah software yang beroperasi dengan executable instruction dan data. Sekarang network menjadi program komputer besar yang mendukung banyak sekali sumber software yang bisa diakses oleh siapa saja melalui modem.
8.    Artificial Intelligence Software
AI  software menggunakan algoritma non numeric untuk menyelesaikan masalah complex yang tidak sesuai dengan perhitungan atau analisis langsung, contohnya sistem pakar, pengenalan image atau suara, jaringan syaraf  buatan, dan game.

(Roger S. Pressman (2001, pp16-18))

1 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus

Tinggalkan Komentar :